Kamis, 22 Agustus 2013

Daftar Kerja Butuh Modal #2

         Masuk episode ke-2. Posting yang lalu mengenai 'daftar kerja butuh modal #1' berisi seputar hal umum yang dilakukan para pencari kerja (job seeker) untuk memasukkan lamaran kerja disimpulkan membutuhkan biaya materil kurang lebih IDR 35.700 per satu berkas amplop lamaran, itu belum termasuk ongkos:
  1. Masuki lamaran menuju perusahaan (maksudnya bensin atau ongkos angkutan) atau mengirim via pos untuk dalam kota sekitar IDR 10.000 dan untuk luar kota kira-kira ongkos kirim sekitar IDR 15.000-20.000 tergantung kota yang dituju.
  2. Di BUMN membutuhkan berkas tambahan lainnya seperti TOEFL 500 yang masih berlaku (dalam 6 bulan setelah tes), membuat berkas itu saja kita mengikuti 1 kali tes TOEFL IDR 150.000. Kalau tidak memenuhi score TOEFL 500, silahkan coba lagi. Artinya butuh biaya up grade TOEFL dengan kurus khusus TOEFL sekitar IDR 1.500.000 untuk pertemuan itensif selama 3 bulan saja. Disarankan yang mengikuti kursus itensif TOEFL ini bagi mereka yang sudah punya basic English dan tujuan kurus untuk merefresh kembali. karena TOEFL cenderung turun tiap bulan bila English tidak sering digunakan.
  3. Adapun tambahan surat keterangan ijazah asli yang dibuat bisa di Fakultas atau Universitas anda. Untuk membuatnya di fakultas masing-masing dengan melampirkan fotocopy ijazah dan transkrip nilai untuk membuat ini FREE.
  4. Surat Bebas Narkoba, ini dibutuhkan ketika melamar pekerjaan, biasanya pada BUMN. membuatnya dibutuhkan rangkaian tes yang singkat, namun ribet administrasinya. Biayanya IDR 150.000 saja dan hanya bisa dipakai/berlaku satu kali saja =(
      Saran setelah membuat berkas yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, silahkan disimpan yang aslinya 1 (untuk arsip pribadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan bila habis stok) bila perlu di scan untuk gaja-jaga jika ada musibah yang tidak diinginkan terjadi. Jika masa berlaku habis, silahkan buat baru. JUJUR ITU HEBAT.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Dokter Mahasiswa Fakultas Hukum Indonesia. All rights reserved.
Blogger Template by