Selasa, 30 Juli 2013

Daftar Kerja Butuh Modal # 1

        Selama pengalaman wawancara kerja selama 3 kali (padahal udah masuki lamaran dari Desember-April kurang lebih jumlahnya13). Btw kapok ikut Job Fair. Sudah 3 kali ikut (2 kali job street dan 1 kali kampus hairing) tak ada satu pun panggilan, padahal minimal masuki lamaran di sana sedikitnya 3 perusahaan. Ada yang paling miris ketika ikut job fair kampus hairing, karena ada satu perusahaan entah apa namanya, di bawah mejanya bertumpuk lembaran lamaran kira-kira 1 meter lebih dan ditinggal tanpa dibawa. Menurut pengkuannya semua data sudah dimasuk kedalam computer. What… kenapa nggak langsung mendaftar ke computer atau alternatif online jika seperti itu prosesnya, sayang banget. Kasihan para pelamar tersebut. Perlu diketahui untuk menyiapkan 1 berkas lengkap lamaran kurang lebih menghabiskan biaya dengan rincian sebagai berikut:
  1. Ijazah dan tanskrip nilai yang dilegalisir (IDR 3.000: biaya foto kopi dikertas 80 gram IDR 5.00/lembar, biaya legalisir IDR 1.000/lembar)
  2. Amplop kopi: IDR 2.000
  3. Surat lamaran dan CV: printer IDR 500/3 lembar (bagi yang ga punya printer)
  4. SKCK legalisir: hanya bayar jumlah foto kopi saja, sekali legalisir cuma dilayani 10 lembar saja. Untuk pembuatan awal biaya IDR 20.000 dan untuk memperpanjang biayanya IDR 10.000
  5. Surat keterangan sehat dari dokter: bisa dibuat dipuskesmas terdekat dengan biaya IDR 9.000
  6. Ftocopy KTP dan piagam kursus b.inggris dan computer: IDR 5.00 dengan estimasi 3 lembar
  7. Foto 4x6, 2 lembar: IDR  6.00/lembar (sebaiknya cuci di studio akan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik)
        Jadi kesimpulannya dari list di atas biaya yang dibutuhkan untuk memulai melamar pekerjaan sebesar kurang lebih IDR 35.700. Kerja aja butuh modal….ingat tesnya ga bayar lho.Kalau ada tes kerja bayar atau pake uang pangkal (lain cerita yang KKN ya...pasti ngerti beda maksud), dapat dipastikan itu bentuk penipuan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Dokter Mahasiswa Fakultas Hukum Indonesia. All rights reserved.
Blogger Template by