Jumat, 02 November 2012

KAUM INTELEKTUAL YANG TAK PANDAI MENJAGA KEBERSIHAN

Tuhan melimpahkan nikmat berupa kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan dan keberlangsungan hidup manusia.  Untuk dapat menikmati eayaan alam ini, manusia diberian tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara alam dengan cara memanfaatkannya secara bijaksana. Ketika kita tidak bijaksana terhadap alam, bukan manfaat yang akan kita dapatkan namun bencana yang akan kita terima.
Mahasiswa sebagai perwujudan dari golongan manusia yang berintelektual tinggi. Penghargaan terhadap mahasiswa sebagai manusia yang berintelektual bukanlah hal yang serta merta didapatkan oleh setiap manusia. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya mahasiswa yang memiliki sesuatu yang istimewa dan penjadi pembeda dari manusia lainnya. Keistimewaan itu ialah ilmu yang nantinya pada masa mendatang dapat memberikan manfaat terhadap manusia lainnya. Mahasiswa dan lingkungan sangat erat kaitannya, hal ini dapat dilihat dari seperti mahasiswa pertanian yang paham betul tentang alam dan tumbuh-tumbuhan, mahasiswa mipa dan teknik yang erat kaitannya dengan teknologi yang bersahabat dengan alam, mahasiswa keguruan paham pentingnya mendidik generasi menjadi pribadi yang bertanggung jawab, serta mahasiswa hukum dan ilmu politik yang paham akan aturan dan sekelumit kebijakan untuk mewujudkan penyalamatan bumi, dan sebagainya.
Indonesia memiliki masalah krusial dengan hal kecil yag selalu dilakukan dan selalu ada yaitu sampah sisa penggunaan barang. Tak perlu jauh berbicara mengenai penglolaannya namun dalam hal melestarikan dan menjaga lingkungan yang sehat dan bersih, dirasakan mahasiswa belum memiliki kontribusi yang besar. Kita dapat melihat sejauh mana kontribusi mahasiswa terhadap kebersihan lingkungan di sekitar kampusnya. Permasalahan mendasar ialah bukan dari segi keilmuan dan kita tidak perlu mengkotak-kotakkan mahasiswa khusus keilmuan apa saja yang paling bertanggung jawab mengenai kebersihan lingkungan bahkan teknologia apa yang perlu diciptakan unyuk mengatasi permasalahan sampah ini. Karena seluruh mahasiswa bertanggung jawab penuh secara pribadi terhadap kebersihan lingkungannya, dalam hal ini ialah sampah yang mereka hasilkan. Universitas ialah miniatur pemerintahan, ketika bahkan kaum yang berintelektual saja tidak mampu berperan serta dalam menjaga lingkungan bagaimana dengan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Dokter Mahasiswa Fakultas Hukum Indonesia. All rights reserved.
Blogger Template by